Lompat ke isi utama

Berita

LAUNCHING BUKU SEJARAH PENGAWAS PEMILU KABUPATEN SRAGEN

Sragen - Bawaslu Kabupaten Sragen pada hari Sabtu (06/08/2022) melaunching Buku Sejarah Pengawas Pemilu, dengan judul “RIAK RIUH PEMILU DAN PILKADA DI BUMI SUKOWATI”, launching buku sejarah pengawas pemilu digelar di aula kantor Bawaslu Kabupaten Sragen dan disiarkan langsung melalui kanal Youtube Bawaslu Kabupaten Sragen.

Dalam kegiatan launching tersebut Bawaslu Kabupaten Sragen menghadirkan dua orang narasumber, narasumber yang pertama Heru Cahyono Selaku Anggota Bawaslu Provinsi Jawa Tengah Periode 2018-2023 sekaligus pelaku sejarah Panwaslu Sragen Tahun 2006, 2013, 2014, 2015 serta 2018, narasumber yang kedua Syifaul Arifin Wartawan Solopos Media Group.

Dalam kegiatan launcing buku ini dihadiri oleh Badan Kesbangpol Sragen, Polres Sragen, KPU Sragen, Reporter Radio Buana Asri, Wartawan TVRI dan Wartawan Solopos, launching buku ini juga menghadirkan mantan Panwaslu yang merupakan narasumber dalam penulisan buku sejarah pengawas pemilu.

Ketua Bawaslu Kabupaten Sragen Dwi Budhi Prasetya saat membuka acara mengatakan, bahwa buku sejarah Pengawas Pemilu yang dibuat Bawaslu Kabupaten Sragen, supaya lebih familier buku ini kami beri judul Riak-Riuh Pemilu dan Pilkada di Bumi Sukowati. mengapa Bumi Sukowati kami jadikan sebagai judul, karena merujuk pada julukan Sragen sebagai Bumi Sukowati. Buku ini dibuat untuk menceritakan perjalanan Pengawas Pemilu dan Pilkada di Kabupaten Sragen mulai Tahun 2004-2023.

Buku Sejarah ini merupakan ikhtiar dari Bawaslu Kabupaten Sragen untuk menulis catatan dan pengalaman para pelaku sejarah dalam proses pengawasan pemilu dan pilkada sejak tahun 2004-2023. Catatan tersebut berbentuk data hasil pengawasan, penindakan pelanggaran, serta proses penyelesaian sengketa dalam mengawal pesta demokrasi di Kabupaten Sragen. Buku tersebut juga menceritakan perjalanan proses penyelengaraan Pemilu dan Pilkada, bagaimana kelembagaannya, mulai dari siapa saja komisionernya, divisi/bidang apa yang mereka tangani, bagaimana hubungan dengan stakeholder, peristiwa menarik apa yang terjadi pada saat itu, di mana letak kantornya, berapa jumlah anggaran yang tersedia, Selain itu buku ini juga menyajikan suka-duka pengawas pemilu di setiap masanya”. Jelas Budhi.

Kegiatan Launching buku sejarah tersebut ditutup dengan pemberian buku sejarah pengawas pemilu kepada para pelaku sejarah dan tamu undangan dilanjutkan sesi foto bersama.

Penulis : Adi Mujianto

 
Tag
berita