Lompat ke isi utama

Berita

Koordinasi Virtual : Rakor Persiapan pengawasan Coklit DPT

1q

Sumadi (Kordiv pencegahan, Parmas, dan Humas), Dwi Budhi Prasetyo (Ketua Bawaslu Sragen), Sri Wiharini (Kordiv SDM, Organisasi dan Diklat) mengikuti Rapat Koordinasi Persiapan Pengawasan Tahapan Pemutakhiran Data Pemilih (Mutarlih) secara daring

Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Kabupaten Sragen mengikuti Rapat Koordinasi Persiapan Pengawasan Tahapan Pemutakhiran Data Pemilih (Mutarlih) secara daring. Adapun materi Rapat Koordinasi kali ini disampaikan oleh Nur Kholiq (Kordiv Pencegahan dan Partisipasi Masyarakat Bawaslu Jateng), Paulus Widiantoro (Anggota KPU Jateng), dan Latif (Staf Bawaslu Jateng). Kamis (20/06/2024)

Nur Kholiq menjelaskan “Seluruh tahapan pemutakhiran data pemilih tidak hanya menjadi tanggung jawab Divisi Pencegahan saja, melainkan seluruh divisi di Bawaslu Kabupaten/Kota wajib turut mengawasi tahapan mutarlih tersebut.” 

 “Dalam tahapan mutarlih Pemilihan serentak kali ini adalah menyandingkan antara Daftar Penduduk Potensial Pemilih Pemilihan (DP4) dengan DPT Pemilu/Pemilihan terakhir melalui pencocokan dan penelitian (Coklit).” Tambah Nur Kholiq

“Karena prinsip utama yang digunakan saat ini adalah berdasarkan De Jure (berdasarkan dokumen kependudukan seperti KTP/Identitas Kependudukan Digital (IKD)/Biodata Kependudukan dan Kartu Keluarga).” Ungkap Paulus 

Ditutup oleh Latif pada akhir acara terkait tata cara, prosedur, dan mekanisme pengisian Alat Kerja Pengawasan (AKP) dan Laporan Hasil Pengawasan. Ia juga berharap untuk PKD dan Panwascam dapat mengirimkan hasil pengawasan mutarlih setiap seminggu sekali kepada Bawaslu Kabupaten/Kota.

Komunikasi pada tingkat Kabupaten antara Bawaslu dan KPU harus clear sehingga jajaran di tingkat Kecamatan dan Kelurahan/Desa bisa bekerja melakukan pengawasan lebih maksimal.

Bawaslu Kabupaten Sragen akan melakukan upaya semaksimal mungkin guna mengawasi penyusunan data dan pemutakhiran daftar pemilih sehingga pemutakhiran daftar pemilih menjadi lebih baik.

Penulis dan Foto: Hum@s 

Editor: Hum@s