Lompat ke isi utama

Berita

Fasilitasi Penguatan Pemahaman Kepemiluan Kepada Penyandang Disabilitas

sosialisasi disabilitas

Ketua dan anggota Bawaslu Kabupaten Sragen saat memberikan sambutan dalam acara Fasilitasi Penguatan Pemahaman Kepemiluan Kepada Penyandang Disabilitas di aula Bawaslu Kabupaten Sragen, Rabu (24/01/2024).

Sragen-Sragen-Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Kabupaten Sragen melaksanakan kegiatan Fasilitasi penguatan pemahaman kepemiluan kepada penyandang disabilitas. Kegiatan dilakukan di aula Bawaslu Kabupaten Sragen, Rabu (24/01/2024).

Kegiatan ini dilakukan untuk memberikan pemahaman terkait kepemiluan. Harapannya melalui kegiatan sosialisasi dapat mendorong angka partisipasi pemilih disabilitas dalam menggunakan hak suaranya pada pemilu serentak 2024.

"Pemilu 2024, ini kegiatan yang kesekian kalinya. Ini sengaja mengundang bapak/ibu sekalian untuk memberikan pemahaman dan perkembangan selama pemilu 2024," ujar ketua Bawaslu Sragen dalam sambutannya.

Beberapa bulan lalu Bawaslu Sragen di supervisi oleh deputi 5 kantor kesekretariatan presiden terkait pelaksanaan pemilu 2024 melibatkan penyandang disabilitas. Dari kantor kesekretariatan Presiden memberikan apresiasi karena di wilayah Kabupaten Sragen ada penyandang disabilitas yang ikut serta sebagai pengawas pemilu.

Pemilu 2024 harus ramah disabilitas, baik dari pemilihan TPS maupun pelayanan kepada penyandang disabilitas. Sehingga penyandang disabilitas bisa menggunakan hak pilihnya tanpa ada kesulitan. Terkait surat suara, Bawaslu sudah memberikan himbauan kepada KPU untuk dapat memfasilitasi penyandang disabilitas yang tuna netra.

Selain itu Penyandang disabilitas yang hadir menyambut baik kegiatan yang digagas oleh Bawaslu ini. Kegiatan yang dilakukan menjadi bentuk kepedulian Bawaslu kepada para penyandang disabilitas. Melalui kegiatan ini menjadi ajang dengar pendapat terkait pendapat dan pengalaman para penyandang disabilitas pada pemilu sebelumnya.

sosialisasi disabilitas

Penulis :Nur Rohim