Lompat ke isi utama

Berita

Bimbingan Teknis Peningkatan Kapasitas Panwaslu Kecamatan Se-Kabupaten Sragen Sukses Digelar

1q23

Ketua Dwi Budhi Prasetyo, Anggota Kukuh Cahyono kordiv penanganan pelanggaran dan datin, Sumadi kordiv pencegahan parmas dan humas, Sri Wiharini kordiv SDM organisasi dan diklat dan Kepala Sekretariat Yuni Setyawati bawaslu kabupaten sragen di Hotel Grand Bintang, Karanganyar

Karanganyar, Dalam rangka meningkatkan kualitas dan kapabilitas pengawas pemilu di tingkat kecamatan, Bawaslu Kabupaten Sragen menyelenggarakan Bimbingan Teknis (Bimtek) yang diikuti oleh 60 peserta dari Panwaslu Kecamatan se-Kabupaten Sragen. Acara ini berlangsung selama dua hari yaitu tanggal 25-26 Juni 2024, dimulai pada pukul 16.00 di Hotel Grand Bintang, Karanganyar.

Acara dibuka dengan laporan dari Ibu Yuni Setyawati, Kepala Sekretariat Bawaslu Kabupaten Sragen. Dalam laporannya, Yuni menegaskan tiga tujuan utama dari Bimtek ini, yaitu meng-update pengetahuan tentang kepemiluan, meningkatkan motivasi dan kinerja bersama, serta membangun komunikasi dan koordinasi yang baik diantara para peserta.

Setelah laporan panitia, Ketua Bawaslu Kabupaten Sragen, Bp. Dwi Budhi Prasetyo, memberikan sambutan sekaligus membuka acara secara resmi. Dalam sambutannya, Dwi Budhi menekankan pentingnya peningkatan kapasitas Panwaslu Kecamatan agar pengawasan pemilu dapat berjalan dengan efektif dan efisien. Selain itu, beliau juga menegaskan komitmen Bawaslu Kabupaten Sragen untuk terus mendukung peningkatan kemampuan dan keterampilan para pengawas pemilu di semua tingkatan.

Pada sesi  pertama, materi disampaikan oleh Bapak Dwi Budhi Prasetyo Beliau memperkenalkan slogan baru Bawaslu yang diharapkan dapat menjadi semangat dan motivasi bagi para peserta dalam menjalankan tugas pengawasan mereka.

Pada sesi Bp. Kukuh Cahyono membawakan materi tentang mitigasi kerawanan dalam pemilihan tahun 2024. Materi yang dibahas meliputi dasar hukum, Person In Charge (PIC) tahapan pemilihan, langkah pencegahan oleh Bawaslu seperti surat himbauan, serta tren pelanggaran ASN yang sering kali tidak netral dan mendukung salah satu calon tertentu. Pemaparan dari Bp. Kukuh diharapkan dapat menambah wawasan para peserta dalam mengidentifikasi dan mencegah potensi pelanggaran pemilu.

Para peserta juga diberikan ID card kecamatan dan buku rekening untuk mempermudah proses administrasi selama bimtek. Dipenghujung acara, direncanakan evaluasi kinerja yang akan melibatkan Panwascam dan Sekretariat Panwaslu Kecamatan untuk memastikan hasil dari bimtek ini dapat diaplikasikan dengan baik dalam tugas pengawasan mereka.

Dengan suksesnya penyelenggaraan Bimtek ini, diharapkan para pengawas pemilu di Kabupaten Sragen dapat menjalankan tugasnya dengan lebih profesional dan integritas tinggi, demi menjaga kualitas demokrasi di Indonesia.

Penulis dan Foto: Hum@s

Editor: Hum@s