Lompat ke isi utama

Berita

UNTUK MEWUJUDKAN PENGAWAS PEMILU YANG PROFESIONAL BAWASLU SRAGEN GELAR PENINGKATAN KAPASITAS SDM

Sragen- Bawaslu Kabupaten Sragen mengadakan peningkatan kapasitas sumber daya manusia (SDM), peningkatan kapasitas SDM kali ini mengusung tema ‘‘Fasilitasi dan Pembinaan Aparatur Pengawas Pemilu” bertempat di aula Bawaslu Kabupaten Sragen, pada hari Selasa (04/10/2022). Kegiatan tersebut diikuti seluruh Komisioner dan Sekretariat Bawaslu Kabupaten Sragen. Sri Sumanta selaku Anggota Bawaslu Provinsi Jawa Tengah Periode 2017-2022 sebagai narasumber.

Ketua Bawaslu Kabupaten Sragen Dwi Budhi Prasetya dalam pembukaan acara peningkatan kapasitas SDM menyampaikan bahwa saat ini kita sedang melakukan rekrutmen Panitia Pengawas Pemilu Kecamatan (Panwascam), sesuai dengan petunjuk teknis bahwa keterwakilan perempuan minimal 30% dari seluruh jumlah pendaftar di setiap Kecamatan, oleh karena itu Bawaslu Kabupaten Sragen membuka perpanjangan pendaftaran di 4 kecamatan yaitu Sambirejo, Gesi, Miri, Masaran, Kita juga masih perlu mendapatkan pencerahan mengenai bagaimana cara mencari personil Badan Ad Hoc yang berkualitas seperti harapan kita bersama.

Sri Sumanta sebagai narasumber menjelaskan bahwa peran Sekretariat sebagai Supporting System sangatlah vital, beliau juga menyampaikan mengenai indikator harmonisasi Bawaslu dengan sekretariat, Pembinaan Aparatur Pengawas Pemilihan Umum, Tujuan Pembinaan, Ruang lingkup pembinaan dan sanksi.

Dalam akhir penyampaian materinya manta juga menyampaikan mengenai strategi Bawaslu Kabupaten dalam rekrutmen (Panwascam) yang profesional, untuk penyelenggaraan pemilu yang berkualitas dan bermartabat, karena saat ini Bawaslu Kabupaten/Kota se Indonesia sedang mengelar rekrutmen panwascam, “Dalam mencari pengawas Ad Hoc yg berkualitas kita harus mencari PIN dalam diri mereka, PIN yang maksud adalah Profesionalisme, Integritas dan Netralitas”. Pesan Manta.

peningkatan kapasitas SDM sangatlah menarik dengan adaya diskusi dari awal pemaparan hingga akhir.

Penulis: Adi Mujianto

 
Tag
berita