Lompat ke isi utama

Berita

STAF PRESIDEN DORONG BAWASLU SRAGEN MASALAH AKSESIBILITAS DISABILITAS

Kunjunungan Staf Presiden

Sragen – Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Kabupaten Sragen menerima kunjungan dari Kantor Staf Presiden (KSP). Kunjungan tersebut diterima di aula Bawaslu Kabupaten Sragen pada Rabu, (08/11/2023)
Kunjungan Kantor Staf Presiden (KSP) yang diwakili Sunarman Sukamto di temui anggota Bawaslu Sragen Sri Wiharini, Sumadi, Kukuh Cahyono dan Moh. Syamsul Arifin.
Pada kunjungan tersebut KSP koordinasi mengenai Fasilitasi Hak Pilih untuk Penyandang Disabilitas. Dalam persiapan Pemilu 2024 KPU dan Bawaslu diharapkan mengakomodasi partisipasi politik dan penyediaan aksesibilitas bagi penyandang disabilitas
Lebih jelas, Sunarman Sukamto menghimbau agar penyelenggara pemilu patuh pada aturan yang ada. Sehingga sahabat difabel bisa ikut berpartisiasi pada helatan pemilu 2024, baik sebagai peserta maupun penyelenggara pemilu.
Bawaslu Sragen saat ini akan mendorong KPU Sragen masalah aksesibilitas disabilitas. Karena saat ini masih tahapan pengadaan logistik. Bawaslu akan mendorong pemilu 2024 yang inklusif. Pemilu inklusif, minimal dari tingkat TPS. Karena untuk mengakomodir lansia dan juga difabel.
Bawaslu akan selalu mensosialisasikan ke masyarakat, apalagi untuk sahabat difabel. Dimungkinkan juga sahabat difabel bisa berpartisipasi dalam pemilu 2024.
Selama ini partisipasi difabel telah terakomodir. Sehingga tidak pernah ada laporan atau aduan dari masyarakat atau sahabat difabel.
“Saya menghimbau kepada Bawaslu Sragen untuk bisa menghimpun data dan mengakomodir teman-teman difabel. Sehingga bisa tercipta pemilu yang ramah dan berkualitas, “tegas Sunarman Sukamto.
Selama ini yang menjadi hambatan untuk difabel bisa berpartisipasi dalam pemilu adalah dari keluarganya sendiri dengan alasan malu maupun tidak ingin merepotkan masyarakat lain terkait pemilu nanti.

Penulis : Nur Rohim