Lompat ke isi utama

Berita

RAPAT KOORDINASI SENTRA GAKKUMDU

Sragen – Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Kabupaten Sragen melaksanakan rapat koordinasi sentra gakkumdu pada Jum’at (22/9/2023). Kegiatan tersebut dilaksanakan di aula Bawaslu Kabupaten Sragen. Rapat Gakkumdu terebut dihadiri oleh anggota sentra gakkumdu dari unsur kejaksaan dan unsur kepolisian.

Dalam kegiatan tersebut anggota Bawaslu Sragen berkoordinasi dan sekaligus perkenalan. Karena hari ini merupakan hari pertama anggota Bawaslu Sragen bertemu dalam forum sentra Gakkumdu.

Koordinator divisi penanganan pelanggaran Bawaslu Sragen Kukuh Cahyono menyampaikan saat ini Bawaslu Sragen telah menerima beberapa informasi adanya partai politik yang telah melakukan tindakan yang mengarah ada kampanye. Selain itu juga ada bakal calon yang sudah melakukan sosialisasi ke pertemuan warga. Lebih lagi, ada informasi yang disampaikan  bahwa ada Khotib Jum'at yang berkhutbah dengan mengarahkan para jamaah untuk memilih salah satu calon.

Dengan kejadian tersebut Panwaslu Kecamatan diwilayah Sragen telah melakukan pencegahan dengan mendatangi takmir masjid yang bersangkutan. Dan takmir masjid telah melakukan blacklist nama Khotib yang melanggar tersebut.

Polres Sragen yang diwakili Abdul Basir menyampaikan bahwa sekarang ini telah ada putusan MK terkait diperbolehkannya kampanye ditempat ibadah atau tempat pendidikan selama ada ijin dari takmir masjid. Sekarang lebih hati-hati lagi agar tidak terjadi gejolak. Sebelum pengawas pemilu melakukan pencegahan maka harus kuat dulu data dukung dan buktinya. Jadi saat melangkah perlu kehati-hatian, ini juga demi keamanan dan kondusifitas.

Pada kesempatan yang sama Kejaksaan Negeri Sragen yang diwakili oleh Mujib Syaris menyampaikan masalah yang terjadi di lapangan maka harus digali dahulu apa yang telah terjadi. Dikumpulkan dahulu bukti-bukti yang ada. Selain itu apabila ada masalah yang terjadi dan perlu pembahasan, segera saja dibahas dalam sentra Gakkumdu. Karena juga untuk menentukan jenis pelanggaran yang terjadi. Atau bahkan pencegahan seperti apa yang perlu dilakukan.

Kukuh menambahkan koordinasi hari ini merupakan langkah awal sentra Gakkumdu agar  bisa lebih solid dalam menangani masalah.

Penulis : Nur Rohim
Tag
berita