Lompat ke isi utama

Berita

Publikasi Kinerja Divisi Pengawasan dan Hubungan Antar Lembaga Bawaslu Kabupaten Sragen Tahun 2021

Sragen - Posisi (podcast Literasi demokarasi) Bawaslu Kabupaten Sragen pada Posisi kali ini mengusung tema “Publikasi Kinerja Divisi Pengawasan dan Hubungan Antar Lembaga Bawaslu Kabupaten Sragen Tahun 2021”, pada hari Rabu, tanggal 6 Januari 2022, acara dimulai pada pukul 10.00 WIB, yang disiarkan langsung melalui kanal Youtube Bawaslu Kab Sragen, kegiatan Posisi ini diikuti oleh masyarakat umum secara daring, bertindak sebagai narasumber adalah Raras M. D.K. selaku Koordinator Divisi Pengawasan dan Hubungan Antar Lembaga, sebagai host saudara Nur Rohim. Raras menjelaskan apa saja yang dilakukan Divisi PHL selama tahun 2021 ini, sebenarnya kami ada beberapa program, untuk yang pertama pengawasan pemutakhiran data pemilih berkelanjutan meskipun yang melakukan KPU kami sebagai jajaran pengawas kita wajib memastikan KPU Kabupaten Sragen menggunakan daftar pemilih tetap (DPT) dan daftar pemilih tambahan (DPTb) pemnilu 2019 sebagai bahan pemutakhiran DPB, memastikan KPU Kabupaten Sragen melakukan penyusunan daftar pemilih kedalam sistem informasi data pemilih (Sidalih), melakukan pengawasan terhadap kegiatan KPU Kabupaten Sragen dalam melakukakan koordinasi dengan stakeholder terkait dengan data pemilih.

kemudian yang kedua pengembangan dan pembinaan desa anti politik uang tujuan diadakannya kegiatan tersebut adalah bertambahnya desa percontohan yang berkomitmen melakukan pengawasan dan berkomitmen menolak politik uang, meningkatkan kinerja pengawasan Bawaslu baik secara normatif maupun secara pertanggungjawaban publik, meningkatkan pengetahuan masyarakat pentingnya mencegah pelanggaran, mengawasi prosesnya dan melaporkan pelanggaran pemilu kepada pengawas. selanjutnya sekolah kader pengawas partisipatif (SKPP) merupakan program dari Bawaslu RI, SKPP diselenggarakan oleh 18 Bawaslu Kabupaten/Kota dari 35 Bawaslu Kabupaten/Kota se Jawa Tengah, di Jawa Tengah ada 6 titik lokasi pelaksanaan SKPP, jumlah pendaftar SKPP di Bawaslu Kabupaten Sragen sebanyak 85 peserta, 19 peserta lulus SKPP tingkat dasar, dari 19 peserta SKPP tingkat dasar ada 3 peserta yang lulus SKPP tingkat menengah, dari 3 peserta yang mengikuti SKPP tingkat menengah hanya 1 peserta dari Sragen yang lolos mengikuti SKPP di tingkat nasional.

Program yang selanjutnya merupakan pojok pengawasan, yang dikemas dalam acara Webinar dengan tema “menjaga integritas penyelenggara pemilu dalam mengahadapi pemilu 2024” acara tersebut diadakan pada tanggal 9 September 2021 dengan mendatangkan narasumber yang sangat ahli dibidangnya beliau adalah Anggota DKPP Republik Indonesia Dr. H. Alfitra Salamm., A.P.U dan sebagai pemantik diskusi Anggota Bawaslu Provinsi Jawa Tengah Dr. Sri Wahyu Ananingsih., S.H., M.Hum. Dan yang terakhir adalah Satuan karya Pramuka saka Adhyasta Pemilu Pemilu disingkat Saka Adhyasta Pemilu merupakan wadah keadhyastaan (pengawalan) pemilu untuk meningkatkan pengetahuan dan keterampilan praktis dalamn bidang pencegahan dan pengawasan pemilu guna menumbuhkankan kesadaran berperan serta dalam pengawasan pemilu. “Itulah program-program kerja yang sudah dilakukan Divisi Pengawasan dan Hubungan Antar Lembaga Bawaslu Kabupaten Sragen pada tahun 2021”, Ungkap Raras.

Penulis : Adi Mujianto
Tag
berita