Lompat ke isi utama

Berita

Publikasi Kinerja Divisi Hukum, Humas dan Datin Bawaslu Kabupaten Sragen Tahun 2021

Sragen – Senin, 7 Februari 2022  Posisi (podcast Literasi demokarasi) Bawaslu Kabupaten Sragen kembali tayang, hari ini Posisi mengusung tema “Publikasi Kinerja Divisi Hukum, Humas dan Datin Bawaslu Kabupaten Sragen Tahun 2021”, pukul 10.00 WIB Posisi disiarkan langsung melalui kanal Youtube Bawaslu Kab Sragen, kegiatan Posisi ini diikuti oleh masyarakat umum secara daring, bertindak sebagai narasumber Khoirul Huda, SE selaku Koordinator Divisi Hukum, Humas dan Datin, sebagai host saudara Indah Safitri., S.H. Huda sapaan akrabnya menjelaskan apa yang dilakukan Divisi Hukum, Humas dan Datin pada tahun 2021. Karena banyak masyarakat diluar sana mempertanyakan, apa kegiatan Bawaslu selama tidak ada tahapan Pemilu ataupun Pemilihan. Maka dari itu posisi kali ini akan mengupas kegiatan Divisi Hukum, Humas dan Datin. Huda sapaan akrabnya menjelaskan Divisi Hukum, Hubungan Masyarakat, dan Data Informasi sebagaimana dimaksud dalam Pasal 23 ayat (1) huruf b angka 2 mengkoordinasikan fungsi penyiapan analisis dan kajian hukum, pendokumentasian dan sosialisasi produk hukum seperti pelaksanaan pendampingan hukum dalam perselisihan hasil Pemilu dan perselisihan hasil Pemilihan, pengelolaan dan pelayanan informasi publik Bawaslu Kabupaten/Kota, sosialisasi dan peningkatan kapasitas di bidang hukum, hubungan masyarakat, pengelolaan dan pelayanan informasi publik dan/atau data informasi, pemantauan dan evaluasi  dan penyiapan laporan tahapan Pemilu dan Pemilihan, laporan tahunan, dan laporan akhir Divisi Hukum, Hubungan Masyarakat, dan Data Informasi. Dalam menjalakan kinerja Divisi Hukum, Humas, dan Data Informasi mengedepankan kinerja tim. Tim tidak melulu berasal dari staf Divisi Hukum, Humas, dan Data Informasi, tapi juga berasal dari staf divisi lain hingga melibatkan anggota Komisioner. Dalam kegiatan Divisi lain, staf Hukum, Humas, dan Data Informasi juga memfasilitasi peralatan dan perlengkapan hingga proses pendokumentasian kegiatan. Mulai dari pengambilan foto, video, dan pembuatan berita.

“Divisi Hukum, Humas, dan Datin  Bawaslu Sragen menjadi ujung tombak atau garda terdepan Bawaslu Kabupaten Sragen untuk mengelola citra yang baik serta menciptakan iklim yang kondusif dan hubungan harmonis. Termasuk dalam mempublikasi/memberitakan semua kegiatan yang dilakukan Bawaslu Kabupaten Sragen baik kegiatan tatap muka maupun daring. Humas juga harus mengkomunikasikan segala bentuk informasi yang akurat dalam format yang mudah dipahami publik, karena humas adalah wajah dari lembaga itu sendiri. Pada masa non-tahapan Bawaslu Kabupaten Sragen sebagai lembaga pengawas pemilihan umum juga   memiliki beberapa kegiatan, diantaranya Humas Bawaslu Kabupaten Sragen tetap melakukan sosialisasi melalui media cetak berupa Buletin dan media sosial seperti Youtube, Instagram, Facebook maupun Website.  Pemberitaan tentang sosialisasi dan edukasi baik melalui gambar maupun video yang bertujuan untuk menarik para penonton. Pada tahun 2021, Bawaslu Kabupaten Sragen telah merilis berita sebanyak 56 dan telah diakses oleh publik sebanyak 3564. Selain itu, Humas Bawaslu Kabupaten Sragen telah melaksanakan kegiatan sosialisasi dan edukasi dalam bentuk video diantaranya program Webinar dengan mendatangkan Narasumber yang berkompeten dibidangnya, talkshow yang menjabarkan tupoksi dan kinerja tiap divisi. Talkshow ini bertujuan untuk memberikan pemahaman kepada publik tentang kinerja pada divisi yang ada di Bawaslu Kabupaten Sragen. Selain Talkshow, Humas Bawaslu Kabupaten Sragen telah memproduksi ILM dan Film Pendek tentang tata cara permohonan informasi dan reportase kegiatan Desa Pengawasan dan Desa Anti Politik Uang yang dikemas dengan video kepada publik. Dari publikasi yang telah dilakukan, Humas Bawaslu Kabupaten Sragen, mendapat respon yang baik oleh penonton yaitu adanya permintaan tentang video edukasi mengenai pemilu dan pemilihan. Dari masukan tersebut Humas Bawaslu Kabupaten Sragen memproduksi program #TahukahKamu? yang mengulas sejarah berdirinya Bawaslu dan Regulasi tentang Pemilu maupun Pemilihan. Melalui program #TahukahKamu?, Humas Bawaslu Kabupaten Sragen akan terus memberikan edukasi seputar Pemilu dan Pemilihan. Kedepan capaian yang ingin diperoleh Humas Bawaslu Kabupaten Sragen yaitu Divisi Hukum, Humas, dan Datin Bawaslu Sragen dapat memperoleh penghargaan sebagai Badan yang Informatif”. Terang Huda.

“Kami menyadari dalam pelaksanaan kinerja Divisi Hukum, Humas, dan Datin Bawaslu Sragen masih jauh dari kata sempurna. Tahun ke tahun kami selalu mengevaluasi diri untuk menjalankan tugas pokok dan fungsi divisi demi perkembangan dan kemajuan Bawaslu Sragen. Pada tahun 2022 kami akan menyosisalisasikan peraturan dan non peraturan Bawaslu Kabupaten/Kota, melakukan peningkatan kapasitas SDM dengan melakukan pelatihan  pembuatan berita dan video, penerbitan bulletin, penerbitan buku sejarah bawaslu Sragen, rapat dengan media dan stakeholder, peliputan film dokumenter pengawasan tahapan dan verifikasi peserta pemilu, pengembangan PPID, advokasi dan fasilitasi Hukum, membuat aplikasi mini server”.Imbuh Huda.

Penulis : Adi Mujianto
Tag
berita