Lompat ke isi utama

Berita

PERTEMUAN PERDANA, BAWASLU SRAGEN JELASKAN TUPOKSI SAKA ADHYASTA PEMILU

SRAGEN – Badan Pengawas Pemilu(Bawaslu) Kabupaten Sragen memberikan pengenalan beserta tugas pokok dan fungsi(Tupoksi) kepada para anggota Satuan Karya Pramuka(Saka) Adhyasta Pemilu saat menggelar pertemuan perdana di Aula Bawaslu Kabupaten Sragen, Kamis (24/03/2022).

Kegiatan ini dihadiri oleh Komisioner beserta jajaran Sekretariat Bawaslu Kabupaten Sragen bersama anggota Pramuka Penegak maupun Pandega Kwarcab Kabupaten Sragen.

Ketua Bawaslu Kabupaten Sragen Dwi Budhi Prasetya menyampaikan rasa bangga dan harapannya kepada para anggota yang bersedia bergabung dengan SAKA Adhyasta Pemilu Bawaslu Kabupaten Sragen.

“Selamat datang kepada adik-adik yang sudah bergabung menjadi anggota Saka Adhyasta Pemilu Bawaslu Kabupaten Sragen, Saya bangga kepada kalian karena diumur yang masih muda mau berpartisipasi menjadi pengawas partisipatif melalui Saka Adhyasta Pemilu. Besar Harapan saya kepada adik-adik untuk menjadi agen-agen perubahan dan berperan aktif di tengah masyarakat menyampaikan pentingnya pengawasan pemilu guna terciptanya pemilu yang jujur,bersih dan adil. Terlebih ini merupakan angkatan pertama Saka Adhyasta yang dibentuk Bawaslu Kabupaten Sragen”

Joko Susilo dari Kwarcab Sragen mengingatkan kepada anggota Saka Adhyasta Pemilu untuk menyiapkan mental karena berhadapan dengan masyarakat secara langsung

“Adik-adik Saka Adhyasta persiapkan mental betul karena adik-adik adalah ujung tombak mensosialisasikan terkait pemilu yang benar dan mensosialisasikan terkait pentingnya pengawasan dalam pemilu, itu tidaklah mudah mengingat karakter masyarakat yang berbeda-beda”

Hal Senada disampaikan Titik Kanthi Rejeki dari Kwarcab Sragen, meminta anggota Saka Adhyasta Pemilu Bawaslu Kabupaten Sragen untuk terus mengobarkan semangatnya serta menjadi pelopor dan inspirator yang hebat di masyarakat.

“Saya meminta kepada adik-adik yang sudah bergabung dengan Saka Adhyasta Pemilu untuk terus bersemangat, jangan Cuma obong-obong blarak saja, jadilah pelopor dan inspirator yang hebat terkait pengawasan pemilu di tengah masyarakat”

Sebagai Pemateri dari Bawaslu Kabupaten Sragen, Raras mulatsih selaku Komisioner Divisi Pengawasan dan Hubungan antar lembaga memberikan penjelasan Tupoksi Saka Adhyasta Pemilu yang melekat.

 “Tujuan dibentuknya Saka Adhyasta  Pemilu adalah memberi wadah pendidikan dan pembinaan bagi para Pramuka Penegak dan Pramuka Pandega untuk menyalurkan minat, mengembangkan bakat, kemampuan, dan pengalaman dalam bidang pengetahuan dan teknologi serta keterampilan bidang Kepemiluan yang dapat  menjadi bekal bagi kehidupan dan penghidupannya untuk mengabdi pada masyarakat, bangsa dan negara”

Peran anggota Saka Adhyasta Pemilu Bawaslu kabupaten Sragen sangat penting dalam proses pengawasan disetiap tahapan pemilu.

“Peran adik-adik dalam Saka Adhyasta ini sangat penting karena berperan dalam mengawasi penyelenggaraan pemilu agar berjalan bersih, jujur dan adil dengan melaporkan dugaan pelanggaran pemilu kepada pengawas pemilu”, imbuh Raras.

Kedepan Pelatihan dan pembekalan akan diberikan kepada anggota Saka Adhyasta Pemilu dua minggu sekali selama enam bulan sebagai persiapan pelaksanaan kegiatan pengawasan Pemilihan Umum (Pemilu) dan pemilihan Serentak Tahun 2024 serta meningkatkan pengetahuan penanganan pelanggaran Pemilu.

Penulis : Brian Adnan [metaslider id=2191]
Tag
berita