Lompat ke isi utama

Berita

PERSIAPAN TAHAPAN VERIFIKASI HASIL PERBAIKAN, BAWASLU SRAGEN GELAR PENINGKATAN KAPASITAS SDM

Sragen- Bawaslu Kabupaten Sragen mengadakan peningkatan kapasitas sumber daya manusia (SDM), peningkatan kapasitas SDM kali ini merupakan Fasilitasi dan Pembinaan Aparatur Pengawas Pemilu dengan tema “ Persiapan Tahapan Verifikasi Hasil Perbaikan” bertempat di aula Bawaslu Kabupaten Sragen, pada hari Senin (10/10/2022). Kegiatan tersebut diikuti seluruh Komisioner dan Sekretariat Bawaslu Kabupaten Sragen. M. Fajar Subhi A.K Arif selaku Ketua Bawaslu Provinsi Jawa Tengah Periode 2017-2022 sebagai narasumber.

Fajar sebagai narasumber menjelaskan Potensi masalah yang timbul dalam proses Verifikasi Faktual seperti masalah kepengurusan, Pengurus tidak sesuai SK yang ada di SIPOL, pengurus tidak bisa menunjukan KTA dan KTP, Pengurus tidak dapat menghadirkan anggotanya. Masalah Keberadaan Kantor, Kantor tidak  sesuai alamat dalam Sipol, tidak ada surat  keterangan domisili, Kondisi kantor digembok saat verifikasi faktual, masa kontrak kantor tidak sesuai dengan tahapan Pemilu berakhir. kemudian masalah keanggotaan, nomor KTA tidak sesuai, e-KTP tidak sesuai, NIK tidak sesuai, terdapat anggota dibawah umur, perubahan data SIPOL sehingga merubah angka sampling, anggota tidak dihadirkan untuk verifikasi. Masalah keterwakilan perempuan, terdapat partai dengan keterwakilan kurang dari 30%, terdapat  partai dengan keterwakilan perempuan 0%, KPU juga terlambat melakukan verifikasi karena telah terfokus dengan tahapan lainnya.

Dalam akhir penyampaian materinya fajar juga menekankan bahwa Bawaslu harus memastikan bahwa tidak terdapat kegandaan keanggotaan dan tidak ada nama-nama yang bukan anggota parpol tetapi tercatat dalam Sipol, pengambilan sampling yang akan diverfak dilakukan oleh KPU RI minim pengawasan dan belum ada kepastian Bawaslu mendapatkan sampling keanggotaan tersebut. Bawaslu juga perlu memastikan netralitas dan profersionalitas tim verifikator KPU, pengawas harus memiliki dokumen verfak, dokumentasi pengawasan, pencegahan, dan bukti-bukti pendukung lain, termasuk memastikan pemanfaatan Vcall dilaksanakan  dengan benar, kemudian juga Jadwal verfak yang berhimpitan dengan rekruitmen Panwaslu cam.

peningkatan kapasitas SDM sangatlah menarik dengan adaya diskusi dari awal pemaparan hingga akhir.

Penulis: Adi Mujianto

Tag
berita