Lompat ke isi utama

Berita

Persiapan Pembentukan Sentra Gakkumdu, Bawaslu Audiensi Dengan Kejari

Sragen- Ketua dan Anggota beserta staf Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Kabupaten Sragen melakukan audiensi dengan Kepala Kejaksaan Negeri (Kejari) Kabupaten Sragen beserta jajarannya, bertempat di Kantor Kejaksaan Negeri Sragen, pada hari Jumat (29/07/2022).

Ketua Bawaslu Sragen, Dwi Budhi Prasetya membuka audiensi tersebut dengan memperkenalkan Komisioner dan staf Bawaslu Kabupaten Sragen kepada Kepala Kejari Sragen. Budhi menyebut bahwa audiensi ini dalam rangka koordinasi persiapan pemilu Tahun 2024 dan persiapan pembentukan Sentra Gakkumdu. Tidak hanya membahas soal persiapan Sentra Gakkumdu saja, Ketua dan anggota Bawaslu Kabupaten Sragen juga menjelaskan kerawanan yang mungkin terjadi pada pemilu dan pemilihan serentak Tahun 2024 di Kabupaten Sragen.

Ery Syarifah Selaku Kajari Sragen menyampaikan, bahwa Penanganan pelanggaran yang dilaksanakan oleh Sentra Gakkumdu memang pada prosesnya harus terbangun kerjasama yang baik antar 3 lembaga yaitu Bawaslu, Kepolisian dan Kejaksaan. saya meminta kepada Bawaslu Sragen untuk dibuatkan MOU antara Bawaslu sragen dengan Kejari Sragen, kami siap mendampingi bawaslu, Jaksa-jaksa kami siap dilibatkan dalam penegakan hukum, tetapi dalam bekerja kita harus sesuai prosedur dan menjaga nama baik lembaga kita, supaya pesta demokrasi Tahun 2024 berlangsung secara kondusif. Kita harus saling bersinergi dan selalu saling mengingatkan serta tetap menjaga kekompakan, sehingga terbagun chemistry yg baik.

Diskusi berjalan hangat melanjutkan pembahasan persiapan Sentra Gakkumdu, penanganan pelanggaran pemilu dan membahas beberapa hal terkait pengisian personil Sentra Gakkumdu.

Diakhir diskusi Budhi memberikan tanggapan bahwa kendala teknis terkait penanganan pelanggaran pemilu tersebut memang perlu diantisipasi sedini mungkin sebelum adanya proses dugaan pelanggaran. Seperti penyeragaman persepsi antar anggota gakkumdu pada setiap lembaga. Kedepan kami akan melakukan rapat koordinasi Sentra Gakkumdu.

Audiensi ditutup dengan foto bersama dan penyerahan buku oleh Ketua Bawaslu Sragen

Penulis: Adi Mujianto

 
Tag
berita