Lompat ke isi utama

Berita

Peningkatan SDM, Bawaslu Sragen Melakukan Pelatihan Pembuatan Berita dan Teknik Pembuatan Video

Bawaslu Kabupaten Sragen melakukan peningkatan kapasitas SDM tentang pelatihan strategi penulisan berita dan teknik pembutan video, bertempat di aula Bawaslu Kabupaten Sragen (09/03/2022). Kegiatan tersebut di ikuti oleh seluruh staf pelaksana teknis Bawaslu Kabupetan Sragen dengan menghadirkan narasumber yang berkompeten wartawan senior dari solopos bernama Trirahayu di sesi yang pertama dan editor video yang bernama Masyudi di sesi yang kedua.

Sebelum pemaparan materi oleh narasumber, Ketua Bawaslu Kabupaten Sragen memberikan sambutan, di era digital saat ini, dimana dan setiap saat semua orang dapat melihat konten yang bervariasi terutama terkait kinerja publik, di Bawaslu Sragen sudah memiliki channel youtube dan sosial media yang ada. Budhi berharap dengan adanya pelatihan strategi penulisan berita dan teknik pembutan video bisa menambah keilmuan kita, agar berita ataupun video yang kita buat bisa semakin bagus, dalam kegiatan peningkatan kapasitas sdm ini akan kita bagi menjadi 2 sesi. Sesi pertama terkait penulisan berita sedangkan sesi kedua terkait pembuatan video dan editing video.

Pelatihan peningkatan kapasitas SDM sesi pertama tentang strategi penulisan berita, Tri menyampaikan tentang penulisan berita yang sedang tren pada waktu ini terutama pada masa pandemi. menggunakan metode online writing style atau yang di sebut penulisan berita online. Dalam penyampaian materi penulisan berita, tri menekankan harus ada elemen berita who (siapa), what (apa), when (kapan), where (dimana), why (kenapa), how (bagaimana). serta syarat penulisan berita harus lengkap, berita, akurat, dan faktual. “Dalam penulisan berita online maupun cetak sebenarnya tidak ada bedanya sama-sama konteksnya menyajikan informasi perbedaannya media cetak terbatas penulisan sedangkan media online tidak terbatas penulisannya”. Terang Tri.

Sesi ke dua dalam kegiatan peningkatan kapasitas SDM terkait teknik pembuatan video dan editing dilanjutkan dengan mereview video di channel bawaslu kabupaten sragen. Dalam pemaparan yuda menjelaskan tentang dasar-dasar dalam pembuatan video, apa saja yang di butuhkan sebelum pembuatan mulai dari ide yang paling utama dalam pembuatan video sampai dengan alat yang digunakan dalam pengambilan gambar sebelum ke tahapan editing video.

Pelatihan peningkatan SDM ini sangatlah menarik dengan adaya diskusi dari awal pemaparan hingga akhir pemaparan saat sesi pertama hingga ke kedua.

Tag
berita