Lompat ke isi utama

Berita

Pelatihan Master Of Ceremony Bawaslu Kabupaten Sragen

Sragen- Bawaslu Kabupaten Sragen kembali melakukan peningkatan kapasitas SDM, pada peningkatan kapasitas SDM kali ini mengusung tema “Memberikan Pemahaman dan Pelatihan Master Of Ceremony Kepada Staf Bawaslu Kabupaten Sragen”, bertempat di aula Bawaslu Kabupaten Sragen (12/07/2022). Kegiatan tersebut dimulai pada pukul 09:30 WIB, di hadiri oleh seluruh pegawai Bawaslu Kabupatan Sragen dan diikuti oleh Staff Humas Bawaslu Kabupaten Kota Se-Jawa Tengah yang tergabung melalui zoom meeting. Dalam peningkatan kapasitas SDM tersebut, Bawaslu Kabupaten Sragen menghadirkan dua orang narasumber yang berkompeten dibidang Master Of Ceremony. Narasumber yang pertama Fajar Riyadi Dwi Sasongko (Human Capital Development Specialist)  dan Yusuf Manggala (MC dan Moderator Profesional Bawaslu Provinsi Jawa Tengah) di sesi yang kedua.

Budhi selaku Ketua Bawaslu Kabupaten Sragen dalam sambutannya menyampaikan ucapan terima kasih kepada narasumber dan seluruh peserta yang sudah hadir secara langsung maupun melalui zoom meeting dalam acara peningkatan kapasitas SDM Master Of Ceremony, bahwa Bawaslu di Jawa Tengah maupun di seluruh Indonesia pasti akan selalu mengadakan kegiatan sosialisasi, webinar, podcast ataupun kegiatan-kegiatan yang sifatnya mengumpulkan masa, kegiatan tersebut akan semakin sukses apabila dipandu oleh MC maupun moderator yang profesional, karena merekalah yang akan memandu acara dari awal sampai acara selesai bagaimana caranya, bagaimana sikapnya, bagaimana menguasai suasana dan cara pembawaannya, agar acara tersebut bisa menarik dan berjalan dengan sukses, besar harapan kami narasumber bisa menularkan ilmunya untuk kita semua.

Pelatihan peningkatan kapasitas SDM oleh narasumber yang pertama tentang Moderasi/Host Vs Public Speaking, Fajar menerangkan tentang visual, vocal, verbal, teknik berbicara, dan gaya berbicara didepan umum, Rahasia pertama menjadi Host/Moderator yang menyenangkan adalah menguasai apa yang anda sampaikan. Untuk menguasainya satu-satunya adalah latihan. Antusiasme lahir dari percaya diri, dan percaya diri akan lahir jika anda memiliki pengetahuan. Sebaiknya kita selalu latihan berbicara didepan kaca minimal 20 menit setiap hari, tidak kami pungkiri bahwa jam terbang yang membuat kita semakin lancar untuk menjadi host/moderator.

“Ada empat hal yang harus kita lakukan sebelum tampil untuk menjadi host/moderator, yang pertama kita harus melakukan Grooming/persiapan, yang kedua kita harus menguasai materi dan acara yang akan kita pandu, yang ketiga, saat kita menjadi host/moderator dalam acara offline maupun online, kita harus menggunakan teknologi yang kita punya, dan yang terakhir kita harus mempersiapkan control figure/ body language serta kita harus beristirahat yang cukup)”. Terang Fajar.

Materi Narasumber Sesi kedua dengan judul JADI Master of Cuap-Cuap, yusuf menyampaikan bahwa Master Of Ceremony itu adalah penguasa acara, pemandu acara, pengendali acara, pengatur acara dan pembawa acara yang bertanggung jawab atas kelancaran dan suksenya sebuah acara. Yusuf juga menerangkan tentang perbedaan mc dan moderator, syarat ideal menjadi MC dan moderator professional,  kita juga harus mengenali dan menguasai material, lokasi, audience, vocal visual.

“Hal yang dilakukan MC Setelah membuat naskah acara yang bersumber  dari susunan acara, selanjutnya MC membuat  lembar pembicaraan, Lembar pembicaraan dibuat berdasarkan naskah acara. Lembar pembicaraan ini berfungsi sebagai panduan acara, Lembar pembicaraan ini biasa disebutCue Card atau Q Card)”. Papar Yusuf.

Pelatihan peningkatan SDM ini sangatlah menarik dengan adaya diskusi dari awal pemaparan hingga akhir pemaparan saat sesi pertama hingga ke kedua dan dilanjutkan praktek menjadi MC yang Profesional.

Penulis: Adi Mujianto

Tag
berita