Lompat ke isi utama

Berita

Konsolidasi Persiapan Pilkada 2020

Sragen – Senin, 20 Juli 2020 Bawaslu Kabupaten Sragen mendapat kunjungan dari Polres Sragen Unit I bidang politik. Kedatangan perwakilan Polres Sragen siang itu berkaitan dengan konsolidasi dalam rangka Pilkada 2020 yang kurang lebih akan diselenggarakan 5 bulan lagi pada 9 Desember 2020. Pada penyelenggaraan Pilkada 2020 Bawaslu Sragen banyak melakukan konsolidasi dengan mitra kerja, salah satunya Polres Sragen. Sinergitas perlu dibangun antara penyelenggara dan mitra kerja pendukung Pilkada 2020 supaya tercapai Pemilukada yang luber dan jurdil.

Bawaslu Kabupaten Sragen dan Polres Sragen kemudian membicarakan isu-isu strategis pelaksanaan tahapan Pilkada pada masa pandemi COVID-19 seperti masa kampanye, potensi pelanggaran Pilkada 2020, tahapan penyesuaian berkaitan dengan pandemic COVID-19, dan proses coklit yang saat ini sedang berlangsung.

“pada intinya kami bersilaturahmi dan kami mengharapkan adanya kerjasama pertukaran informasi antara Kepolisian dan Bawaslu dalam penyelenggaraan Pilkada 2020 pada Desember nanti” ujar Supija. Keduanya kemudian memperbincangkan mengenai pelaksanaan Kampanye Pilkada 2020 yang akan diselenggarakan selama 71 hari dimulai pada 27 September 2020 – 5 desember 2020. Pada masa kampanye, pertukaran informasi antara Polres Sragen dan Bawaslu Sragen sangat diperlukan kaitannya dengan STTP (Surat Tanda Terima Pemberitahuan) Kampanye.

Berkaitan dengan tahapan yang sedang berjalan sata ini yakni Tahapan Pencocokan dan Penelitian Pemilih yang berlangsung selama 15 Juli 2020 – 13 Agustus 2020, Bawaslu berpesan “apabila ada pemilih yang belum tercatat, silakan lapor kepada kami untuk kemudian kami akan merekomendasikan kepada KPU. Dan untuk petugas Coklit yang saat ini sedang bertugas diharapkan untuk mematuhi protocol kesehatan dan terus menjaga kesehatan” ujar Ketua Bawaslu, Dwi Budhi Prasetya.

Penyelenggaraan Pilkada pada masa pandemi merupakan hal baru bagi kedua pihak, oleh karenanya diperlukan komunikasi yang aktif, penyesuaian regulasi dan pengawasan yang ditingkatkan supaya Pilkada 2020 dapat terlaksana dengan sukses dan kondusif.(al)

Tag
berita