Lompat ke isi utama

Berita

Kelas Online Menulis Berita dan Opini Bagi Pengawas

SEMARANG – Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Provinsi Jawa Tengah menggelar peningkatan kapasitas menulis berita dan opini bagi pengawas pemilu di wilayahnya, Senin (23 Maret 2020) mulai pukul 10.00 WIB. Ketua Bawaslu Jawa Tengah Fajar Saka menyatakan pemberian materi peningkatan kapasitas dilakukan melalui kelas online. “Metode kelas online digunakan menyusul adanya endemi Covid 19,” kata Fajar di Semarang, Senin (23 Maret 2020).

Kelas online dilakukan di Media Center Kantor Bawaslu Jateng. Para pengawas pemilu di Jateng bisa mengikuti materi melalui live streaming diakun Instragram Bawaslu Jateng. Fajar menyebut, meski ada Covid 19 tapi tak menyurutkan para pengawas pemilu di Jawa Tengah untuk terus meningkatkan kapasitas, termasuk dalam hal penulisan berita dan opini.

Materi peningkatan kapasitas menulis berita dan opini disampaikan oleh Kooordinator Divisi Humas dan Hubal Bawaslu Jawa Tengah Rofiuddin. Dalam pemaparannya, Rofiuddin menyampaikan perbedaan antara berita dan opini. Jika berita bersifat fakta, actual, obyektif, ada narasumber atau konformasi serta mengandung unsur 5 W 1 H. Sedangkan opini bersifat pendapat, subyektif, serta menelorkan ide/gagasan. Rofiuddin memberikan beberapa contoh untuk penulisan berita.

Adapun terkait dengan tekhnik menulis opini, akhirnya belum banyak disinggung Rofiuddin. Sebab, pada saat materi sampai pada penulisan berita sudah banyak yang bertanya melalui akun Instragram. Sementara waktu yang berjalan sudah cukup lama. Rofiuddin berjanji akan menyampaikan kelas online lagi dengan tema khusus untuk tekhnik penulisan opini.

Tag
berita