Lompat ke isi utama

Berita

Kader SKPP adalah Sosok Perawat Demokrasi

Brebes – Sebanyak 85 peserta ikut ambil bagian dalam kegiatan Sekolah Kader Pengawasan Partisipatif yang digelar oleh Bawaslu RI di Kabupaten Brebes. Kegiatan yang digelar 22-24 September ini dibuka secara resmi oleh Anggota Bawaslu RI Fritz Edward Siregar, serta dihadiri dalam acara pembukaan Ketua dan Anggota Bawaslu Jawa Tengah, Wakil Bupati Brebes, Anggota Bawaslu Kab Brebes, Ketua KPU Kab Brebes dan jajaran Forkopimda Kabupaten Brebes.

Ketua Bawaslu Jawa Tengah M Fajar Subhi AK Arief, dalam sambutannya menyampaikan bahwa Bawaslu menginginkan kegiatan ini tidak hanya digelar di Brebes saja, tetapi juga di seluruh tanah air dengan semangat menumbuhkan tunas-tunas pengawasan di seluruh tanah air. ”Kalau kita meyakini dan konstitusi menegaskan bahwa demokrasi adalah punya kita maka seluruh rakyat Indonesia harus faham bahwa daulat itu ada di tangan rakyat, bukan di tangan Bawaslu, KPU, DKPP, Pemerintah tapi di tangan kita semua, dan rekan-rekan yang bergabung menjadi bagian dari Sekolah Kader Pengawasan Partisipatif (SKPP), harapan kami ke depan menjadi sosok-sosok yang berperan penting dalam merawat Demokrasi meneguhkan konstitusi dan menjaga NKRI,” kata Fajar.

Fajar juga mengungkapkan bahwa kegiatan SKPP ini adalah bukan sekedar kegiatan sederhana tetapi peletak dasar kita untuk merawat demokrasi kita. “Kami juga berharap rekan-rekan jangan hanya berhenti hanya di forum ini, tetapi kembangkan diri rekan-rekan sekalian agar menjadi individu yang terbaik, bagian dari lembaga terbaik dan menjadi bagian dari negara yang terbaik” ungkap Fajar.

Wakil Bupati Brebes Narjo dalam kesempatan yang sama juga menyampaikan bahwa Bawaslu selama ini sudah melakukan banyak hal untuk mendorong pemilu berjalan sesuai prinsip jujur dan adil. Melalui pencegahan dan pengawasan dan penindakan. Namun menyerahkan pengawasan pemilu hanya ke Bawaslu saja tidaklah cukup. Untuk itu masyarakat harus turut aktif mengawasi pemilu. Untuk itulah Bawaslu mengadakan kegiatan SKPP ini.

Menurutnya kegiatan SKPP ini sangatlah penting untuk menumbuhkan bibit-bibit kader pengawasan. Narjo juga berharap seluruh peserta SKPP bisa terlibat aktif dalam pengawasan pemilu di tengah-tengah masyarakat. Pada akhirnya Narjo menyampaikan bahwa Pemerintah Kab Brebes siap berkolaborasi dan sinergi dengan Bawaslu untuk mendorong pendidikan politik bagi masyarakat.

Penulis : Dede

Foto : Dede

Humas Bawaslu Jateng

Tag
berita