Lompat ke isi utama

Berita

Jawa Tengah Luncurkan Buku Mudah Menulis Berita Bagi Pengawas Pemilu

SEMARANG – Bawaslu Provinsi Jawa Tengah meluncurkan buku “Cara Mudah Menulis Berita dan Siaran Pers bagi Pengawas Pemilu, Senin (11 Mei 2020). Acara disiarkan secara langsung lewat streaming youtube dan video conference bersama 35 Bawaslu Kabupaten Kota. Kegiatan launching buku ini dibuka secara resmi oleh Kordiv Hukum Humas Hubal Bawaslu Republik Indonesia Fritz Edward Siregar.

Fritz menyampaikan “Setelah saya membaca isi dari buku ini, ternyata sangatlah inspiratif sehingga bisa dijadikan panduan bagi kita dalam menulis. tidak ada seorangpun dari kita yang dapat langsung jago dan mahir dalam menulis,”. Apalagi, kata Fritz, bagi kita yang tidak memiliki background/latar belakang sebagai seorang penulis.

Menurut Fritz, PR bagi bidang kehumasan adalah bagaimana kita menuliskan sesuatu tentang hal terkait kepemiluan dan menuliskannya dalam sebuah cerita sehingga membuat orang lain jadi paham. “Sekali lagi saya ucapkan selamat kepada Bawaslu jateng yang telah meluncurkan buku sehingga buku ini dapat dijadikan panduan bagi kita bersama,” kata Fritz.

Tidak hanya diluncurkan buku ini juga ditanggapi secara langsung dalam acara tersebut oleh Triyono Lukmantoro, Dosen Ilmu Komunikasi Universitas Diponegoro. Triyono menyatakan buku ini sangat praktis dijadikan sebagi acuan dalam merilis berita. Menurut triyono, buku ini tidak hanya dapat dikonsumsi oleh kalangan Bawaslu saja tetapi juga oleh umum yang bergelut di dunia kehumasan.

Triyono memberikan kritik atas buku ini, yakni penulisan buku masih kurang sistematis. “Namun saya menangkap si penulis ini menginginkan buku ini praktis untuk dibaca dan tidak kaku,” ungkap Triyono.

Rofiudin menegaskan tujuan buku ini adalah sebagai sarana sharing pengalaman menulis juga sebagai panduan bagi pengawas pemilu agar mengetahui seluk beluk dari siaran pers dan berita. Buku ini juga mencoba menjelaskan soal seluk beluk atau ritme kerja jurnalis agar kita bisa mengimbangi pemberitaan dari media dan bagaimana cara kita menyikapinya.

Sehingga berita berita yang akan kita rilis dapat tepat waktu sasaran. “Selain itu buku ini Juga menjelaskan bagaimana mekanisme kehumasan yang baik dalam proses publikasi, sehingga kita dapat memilih informasi mana saja yang layak untuk dipublikasikan dan mana yang tidak, kedepannya buku ini akan dipublikasikan dalam bentuk digital secara terbatas” kata Rofi.

Lengkapnya klik chanel Youtube : Humas Bawaslu Jateng

Penulis : D2

Foto : Bima

Editor : Humas Bawaslu Jateng

Tag
berita