Lompat ke isi utama

Berita

JARING PEMILIH PEMULA, BAWASLU DATANGI SMA N 2 SRAGEN

SRAGEN- Dalam rangka menjaring kader pengawasan partisipatif dari kalangan pemilih pemula. Kamis (21/7) Anggota Badan Pengawas Pemilihan Umum Kabupaten Sragen Koordinator Divisi SDM dan Organisasi Edy Suprapto melakukan sosialisasi ke SMA N 2 Sragen. Bersamaan dengan kegiatan Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila. Edy menyampaikan materi bertema “Suara Demokrasi”. Kegiatan dilaksanakan di Aula SMA N 2 Sragen. Peserta dari Siswa-Siswi Kelas X sebanyak 358 dibuat terkesima. Dalam kegiatan tersebut, Edy Suprapto menyampaikan Pengawasan Pemilu Serentak Tahun 2024 mutlak perlu diawasi oleh semua stakeholder di Bumi Sukowati. Pada awal penyampaian materinya, Edy memperkenalkan Personil Bawaslu mulai dari Anggota Bawaslu Republik Indonesia sampai dengan Anggota Bawaslu Kabupaten Sragen.  Lulusan Pasca Sarjana UNS itu juga menjelaskan kegiatan apa saja yang dilakukan Bawaslu Kabupaten Sragen pada masa sebelum pandemi Covid-19 dan pada saat pandemi Covid-19. Antara lain sosialisasi melalui zoom meeting, podcast, pembuatan film pendek, pembentukan desa pengawasan, desa anti money politic dan kegiatan lain sebagai edukasi politik bagi masyarakat.

Agar siswa siswi aktif dalam kegiatan sosialisasi tersebut Edy juga sering mengajak para siswa untuk aktif berdiskusi. Siswa siswi sering diminta untuk membacakan materi yang ditayangkan dalam slide, siswa juga diminta mencatat poin-poin penting mengenai pengawasan, guna untuk membuat laporan kegiatan dimasa orientasi. Selain itu dalam pemaparan materi nya Edy juga menjelaskan tahapan Pemilihan Umum Tahun 2024, kemudian diakhir materi Edy menjelaskan pengawasan di Tempat Pemungutan Suara (TPS). Sebelum acara ditutup, Edy memberikan kesempatan kepada siswa siswi untuk memberikan pertanyaan.

Diakhir acara Edy menyampaikan “Kami berharap pemilih pemula dapat terlibat aktif dalam pengawasan partisipatif, kegiatan ini sangat bagus dan bermanfaat bagi peningkatan kualitas demokrasi dan terselenggaranya pemilu yang semakin bermartabat di Kabupaten Sragen.

Bawaslu Kabupaten Sragen akan terus aktif mensosialisasikan pengawasan pemilu dan memperkenalkan Bawaslu kepada pemilih pemula.

"Terakhir kami berharap kedepan kegiatan seperti ini dapat dilaksanakan lagi dengan mengundang Bawaslu Kabupaten Sragen sebagai narasumber kegiatan. Bawaslu akan selalu siap bekerja sama dengan semua pihak untuk bersinergi dalam rangka mensukseskan Pemilu Serentak 2024”, pungkas Edy Suprapto.

“Kegiatan ini sangat bermanfaat untuk Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila” ujar Purwadi selaku Kepala SMA N 2 Sragen.

Penulis : Davin Chandra Ardiansyah

Tag
berita