Lompat ke isi utama

Berita

FORUM WARGA SOSIALISASI PENGAWASAN PENYELENGGARAAN PEMILU

Peserta yang hadir sedang menanyikan lagu kebangsaan Indonesia Raya

Sragen - Bawaslu Kabupaten Sragen menghadiri kegiatan forum warga dengan tema “sosialisasi pengawasan penyelenggaraan pemilu oleh Badan Pengawas Pemilihan Umum Republik Indonesia di Kabupaten Sragen” yang digelar oleh Bawaslu Republik Indonesia di Gedung olahraga Hadi Sumartono di Kecamatan Sambungmacan,Kamis (2/11/2023).

Hadir dalam kegiatan tersebut tokoh masyarakat dan warga di wilayah Kecamatan Sambungmacan, Suparno Ketua DPRD Kabupaten Sragen selaku narasumber, M Hanif Alusi Tenaga Ahli Bawaslu RI, Dwi Budhi Prasetyo Ketua Bawaslu Sragen dan Budi Santoso, S.Stp, M.Si Camat Sambungmacan, IPTU Widarto Kapolsek Sambungmacan, Capten Infantri Rusdi Danramil Sambungmacan, dan Bondan Pratiwi Kepala Desa.

Ketua Bawaslu Sragen Dwi Budhi Praseto menyampaikan kegiatan forum warga ini merupakan agenda sosialisasi yang dilaksanakan oleh Bawaslu RI,karena Bawaslu RI ingin bertemu langsung dengan warga dari tokoh agama, tokoh masyarakat dan ibu- ibu PKK untuk dapat membantu melakukan pengawasan partisipatif. Dan harapkan kami dapat menularkan ilmu yang diperoleh kepada keluarga dan orang lain disekitarnya. Di tahun ini ada penambahan kursi yang semula 45 kursi menjadi 50 kursi dan di kecamatan Sambungmacan ada 1 penambahan kursi.

Dalam Sambutannya M Hanif Alusi selaku tenaga ahli Bawaslu RI menyampaikan “Bersama rakyat awasi pemilu bersama Bawaslu tegakkan keadilan Pemilu” bahwa Bawaslu memerlukan partisipasi dari masyarakat untuk ikut berpartisipasi dalam pengawasan pemilu, hal tersebut dikarenakan personil dari Bawaslu yang terbatas dan apabila ada pelanggaran yang ada di masyarakat kami harap masyarakat dapat melaporkan kepada Bawaslu Kabupaten, Panwaslu Kecamatan dan Panwaslu Desa.

Dalam materinya Suparno Ketua DPRD Sragen menyampaikan peran masyarakat dalam mensukseskan Pemilu 2024. Pemilu adalah sarana pelaksanaan kedaulatan rakyat yang dilaksanakan secara langsung, umum, bebas, rahasia, jujur dan adil. Partisipasi dan pemantauan/ pengawasan penting dilakukan untuk menjamin agar pemilu berlangsung LUBER JURDIL.

Acara di akhiri dengan sesi tanya jawab dan foto bersama.

 

Penulis : Sri Untari

Tag
berita