Lompat ke isi utama

Berita

Bawaslu Sragen dan KPU Sragen Gelar Rapat Koordinasi Evaluasi Coklit Daftar Pemilih pada pemilihan serentak 2024

1234

Sumadi Anggota Bawaslu Kabupaten Sragen dan KPU Sragen Gelar Rapat Koordinasi Evaluasi Coklit Daftar Pemilih pada pemilihan serentak 2024

Sragen, 15 Juli 2024 - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Sragen menggelar rapat koordinasi terpadu guna mengevaluasi proses pencocokan dan penelitian (coklit) daftar pemilih pada pemilihan serentak 2024. Rapat yang berlangsung di Hotel Front One Sragen ini dihadiri oleh jajaran KPU, Bawaslu, dan Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) se-Kabupaten Sragen.

Dalam sambutannya, Ketua KPU Sragen menyampaikan apresiasi atas kelancaran coklit yang sudah mencapai 99,6%. terkait daftar pemilih. Terkait hal tersebut, Ketua KPU berharap agar Bawaslu dapat segera menyampaikan saran perbaikan jika ada. 

"Untuk teman-teman PPK, jangan sampai anti kritik, karena itu memang bagian dari kinerja kita," ujar Ketua KPU Sragen, mengingatkan pentingnya keterbukaan terhadap masukan. Beliau juga menekankan pentingnya koordinasi antara KPU dan Bawaslu hingga tingkat bawah untuk memastikan validitas data pemilih.

Anggota KPU Sragen, Bp. Isnaeni, memaparkan bahwa proses coklit di dua kecamatan, Sumberlawang dan Gondang, masih belum mencapai 100%. Beliau juga mencatat adanya beberapa kendala di lapangan, seperti stiker coklit yang belum terdistribusi secara merata. 

Terkait hal ini, KPU dan Bawaslu telah berkoordinasi untuk mencari solusi, termasuk dengan memastikan tidak ada rumah yang terlewat coklit hingga batas waktu 24 Juli 2024. Pengawas pemilu di tingkat bawah juga diminta proaktif berkoordinasi dengan PPK dan PPS jika menemukan pemilih yang belum terdata.

Bp. Isnaeni menambahkan bahwa KPU akan segera melakukan Daftar Pemilih Hasil Pemutakhiran (DPHP). Pihaknya juga terus berkoordinasi dengan Disdukcapil Kabupaten Sragen untuk validasi dokumen kependudukan. 

Rapat koordinasi ini diharapkan dapat mengoptimalkan proses pemutakhiran data pemilih dan memastikan setiap warga Sragen dapat menggunakan hak pilihnya pada pemilihan serentak 2024.

Penulis dan Foto: Angga naw

Editor: Hum@s