Lompat ke isi utama

Berita

BAWASLU RI : BAWASLU JATENG PERINGKAT 1 KETERBUKAAN INFORMASI

Jakarta – Dalam rangka memastikan makin optimalnya pengelolaan dan pelayanan informasi Publik pada 2020, Badan Pengawas Pemilihan Umum Republik Indonesia mengadakan Evaluasi Keterbukaan Informasi Publik untuk Bawaslu Provinsi se-Indonesia. Bawaslu RI melakukan review atas implementasi keterbukaan informasi publik pada jajaran Bawaslu Provinsi se-Indonesia.

“Mari kita bersama-sama memperbaiki yang kurang baik agar menjadi baik. Lalu yang sudah baik diupayakan menjadi lebih baik lagi agar ke depan bisa memberikan informasi yang transparan kepada publik,” ucap Ketua Bawaslu RI Abhan seperti dikutip pada laman www.bawaslu.go.id, Kamis (21/11/2019).

Dalam kegiatan ini, Bawaslu RI merilis 10 besar Peringkat Keterbukaan Informasi Publik Bawaslu Provinsi Tahun 2019.

Berikut 10 besar Bawaslu provinsi tersebut:

1. Jawa Tengah 2. Kalimantan Barat 3. Kalimantan Selatan 4. Banten 5. Bengkulu 6. Aceh 7. Sulawesi Tengah 8. DKI Jakarta 9. Bangka Belitung 10. Jawa Barat

Dalam proses pemeringkatan keterbukaan informasi, Bawaslu RI meneliti dan melakukan berbagai upaya untuk mendapatkan data keterbukaan informasi di Bawaslu Provinsi.

Mulai dari pengisian formulir yang harus didukung dengan data-data yang valid dan obyektif, penelitian keberadaan standar layanan informasi, pemantauan website PPID dan layanan informasi, datang melakukan monitoring dan evaluasi di Bawaslu Provinsi dan lain-lain.

Standar dan indikator itu menggunakan berbagai aspek yang melibatkan tim penilai dari aktivis-aktivis keterbukaan informasi.

Pada saat pengumuman dan pemberian pemeringkatan keterbukaan informasi di Jakarta dihadiri langsung oleh Ketua Bawaslu Provinsi Jawa Tengah, Fajar Saka. Ia yang sekaligus menerima penghargaan sebagai peringkat pertama Keterbukaan Informasi Publik Bawaslu Provinsi Tahun 2019.

Prestasi ini tentunya akan menjadi pemacu jajaran Bawaslu di Provinsi Jawa Tengah tidak hanya pada tingkat Provinsi tetapi Kabupaten/Kota untuk berlomba menjadi lembaga yang semakin terbuka. “Sebagai lembaga publik, Bawaslu Jateng akan meningkatkan kualitas demokrasi melalui keterbukaan informasi dan selanjutnya secara bertahap akan meningkatkan kualitas layanan publik di 35 Bawaslu Kab/kota di Jawa tengah” tegas Fajar.

Sebelumnya, Bawaslu RI meraih anugerah Keterbukaan Informasi Publik (KIP) 2019 Kategori Lembaga Negara Nonstruktural terbaik dengan predikat informatif dari Komisi Informasi (KI) Pusat. Penyerahan anugrah ini dilakukan oleh Wakil Presiden Makruf Amin kepada Ketua Bawaslu RI Abhan.

Humas Bawaslu Jateng

Sumber : http://jateng.bawaslu.go.id/2019/11/22/bawaslu-ri-bawaslu-jawa-tengah-peringkat-1-keterbukaan-informasi/
Tag
berita