Lompat ke isi utama

Berita

Bawaslu Kabupaten Sragen mengikuti Rapat Persiapan Penerbitan Buku Sejarah Bawaslu Kabupaten/Kota

Sragen – Jumat, 14 Januari 2022 Bawaslu Kabupaten Sragen mengikuti Rapat Persiapan Penerbitan Buku Sejarah Bawaslu Kabupaten/Kota yang diselenggarakan oleh Bawaslu Provinsi Jawa Tengah Via Zoom Metting, Acara dibuka oleh Gugus Risdaryanto selaku Koordinator Divisi Organisasi Bawaslu Jawa Tengah, dalam sambutannya gugus menyambut baik atas ide dan gagasan dari Kordiv. Humas Bawaslu Jateng untuk menerbitkan buku sejarah perjalanan Bawaslu Kabupaten/ Kota dari Panwaslu Kabupaten.

“Ide pembuatan buku sejarah Bawaslu Kabupaten/Kota merupakan ide brilliant dan inovatif dari Kordiv Humas Bawaslu Jawa Tengah”, ungkapnya.

Koordinator Divisi Humas Bawaslu Provinsi Jawa Tengah, Muhammad Rofiuddin menjelaskan bahwa Jejak keberadaan Panwas 2004 hingga Bawaslu 2018-2023. yang akan ditulis dalam pembuatan buku itu. Kemudian tentang alur pembuatan Buku Sejarah Bawaslu Kabupaten/Kota dimulai dari Cover depan, cover depan bisa berbentuk foto ataupun ilustrasi. Kemudian bab I  Pendahuluan berisi tentang deskripsi kenapa menulis buku sejarah, bagaimana proses penulisan dan penerbitannya, siapa saja yang terlibat, hambatan dan kesulitannya serta ucapan terima kasih. Bab II tentang Profil Pengawas Pemilu dari Panwas tahun 2004-2018 dan Bawaslu tahun 2018 – 2023. Bab III penutup tentang urgensi kerja-kerja pengawas pemilu, pembelajaran terkait penulisan buku ini, setelah penerbitan buku ini, apa saja yang hendak dilakukan dan apa saja catatan penting dalam proses penerbitan buku sejarah ini. Kemudian yang terakhir mengenai cover belakang yang bisa diisi foto-foto jadul, kalimat mutiara atau endorsement.

“Bahan dan materi penulisan buku ini bisa dilakukan dengan cara yang pertama riset yang bersumber dari internet, berita dan dokumen, yang kedua wawancara dengan lpara anggota Panwas disetiap periode, dan yang ketiga melalui observasi atau pengawasan. Kemudian mengenai gaya penulisannya menggunakan Bahasa yang popular dengan memeperhatikan kaidah EYD dan minimal ikuti outline. Komisioner Bawaslu Kabupaten/Kota sebagai Penulis dalam pembuatan buku ini, tetapi staf juga dipersilahkan untuk membuat, sudah disepakati oleh Bawaslu Provinsi Jawa Tengah  bahwa peluncuran buku tersebut maksimal bulan Agustus tahun 2022” Terang Rofi.

Penulis : Adi Mujianto
Tag
berita