Lompat ke isi utama

Berita

Bawaslu Kabupaten Sragen gelar Live Talkshow di Radio Buana Asri FM.

SRAGEN- Bawaslu Kabupaten Sragen menggandeng Radio Buana Asri FM Sragen untuk melakukan kegiatan Live Talkshow pada jumat (31/3). Acara ini merupakan bagian dari publikasi kinerja Bawaslu Sragen dalam pengawasan pemilu 2024. Live Talkshow kali ini memilih tema “Pengawasan Penataan Dapil dan Alokasi Jumlah Kursi Pemilu 2024 di Kabupaten Sragen”.

Tampil sebagai Narasumber Koordinator Divisi SDMO dan Diklat Bawaslu Kabupaten Sragen, Edy Suprapto. Dalam kesempatan tersebut Edy memaparkan  penataan Dapil dan Alokasi Jumlah Kursi DPRD Sragen pada Pemilu 2024. Lebih jauh Edy menyampaikan hasil pengawasan yang dilakukan Bawaslu Kabupaten Sragen. Tujuan kegiatan Talkshow, untuk menyampaikan dan mempublikasikan hasil pengawasan tahapan pemilu 2024 oleh Bawaslu Kabupaten Sragen.

Edy memaparkan juga mengenai tujuh prinsip penyusunan penataan dapil dan alokasi kursi yang harus dipedomani. Antara lain Kesetaraan nilai suara, Ketaatan pada sistem pemilu yang proporsional, Proporsionalitas, Integralitas wilayah, Berada dalam cakupan wilayah yang sama, Kohesivitas, dan Kesinambungan. Dalam closing statement nya edy suprapto menyampaikan “Kami himbau kepada masyarakat di Kabupaten Sragen untuk turut aktif mengawasi tahapan Pemilu 2024 di wilayah masing-masing secara partisipatif. Bila publik menemukan indikasi pelanggaran pemilu mau melaporkan ke Bawaslu Kabupaten Sragen atau Panwaslu Kecamatan setempat.

Penulis : Davin C A
Tag
berita